Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGAWASAN PENGELOLAAN DANA DESA OLEH BADAN PERMUSYAWARATAN DESA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DITINJAU DARI FIQH SIYASAH MALIYAH (Studi Kasus Desa Seresam Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu)

BILLY AULIA FATKHURACHMANSYAH, - (2024) PELAKSANAAN PENGAWASAN PENGELOLAAN DANA DESA OLEH BADAN PERMUSYAWARATAN DESA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DITINJAU DARI FIQH SIYASAH MALIYAH (Studi Kasus Desa Seresam Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BILLY AULIA FATKHURACHMANSYAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Billy Aulia Fatkhurachmansyah (2024):Pelaksanaan Pengawasan Pengelolaan Dana Desa Oleh Badan Permusyawaratan Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Ditinjau Dari Fiqh Siyasah Maliyah (Studi Kasus Desa Seresam Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu) Penelitian ini di latarbelakangi dari pelaksanaan pengawasan pengelolaan dana desa oleh Badan Permusyawaratan Desa di desa Seresam. Dalam pengawasan pengelolaan dana desa oleh Badan Permusyawaratan Desa sebagian belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Contoh permasalahannya yaitu dalam kurun 5 tahun terakhir desa hanya mampu merealisasikan beberapa pembangunan saja, masyarakat masih belum paham dan mengerti akan peran dan fungsi dari Badan Permusyawaratan Desa dalam menampung semua aspirasi dari masyarakatnya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengawasan dana desa oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam melakukan pengawasan pengelolaan dana di Desa Seresam berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengawasan pengelolaan dana Desa Seresam oleh Badan Permusyawaratan Desa berdasarkan berdasarkan Undang- Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, serta tinjauan Fiqih Siyasah Maliyah terhadap peranan Badan Permusyawaran Desa (BPD) dalam melakukan PENGAWASAN pengelolaan dana di Desa Seresam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan yang diperoleh dari informen dan objek penelitian. Analisis penelitian secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengawasan pengelolaan dana desa oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Seresam sudah berjalan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Perannya dalam pengelolaan pengawasan dana desa sangat penting supaya pengelolaan dapat terarah dan terealisasikan dengan baik serta masyarakat dapat merasakannya manfaatnya. Menurut tinjauan Fiqh Siyasah Maliyah dalam peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Seresam sudah melakukan pengelolaan dana desa dengan baik dan benar serta diawasi secara langsung agar tidak ada penyimpangan dalam pengelolaan dana desa tersebut. Kata Kunci : Pengawasan, Pengelolaan, Dana Desa, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJOHARI, -2020036401thebangjo@gmail.com
Thesis advisorMuhammad Albahi, -2026028002muhammadalbahi@yahoo.co.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:07
Last Modified: 17 Jul 2024 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82128

Actions (login required)

View Item View Item