Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA TELUK KURANJI KECAMATAN UJUNG BATU

Yenfitrimirni (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA TELUK KURANJI KECAMATAN UJUNG BATU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012948.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan di kelas IV MI Teluk kuranji Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu ditemukan gejala-gejala yaitu: 1) Dari 20 orang siswa, setelah dilakukan tes ternyata rata-rata hanya mendapatkan nilai sebesar 51, artinya masih jauh dari KKM yang ditentutkan yaitu sebesar 75. 2) Sebagian siswa ada yang ngantuk. 3) Siswa sering berbicara dengan teman sebangkunya ketika proses belajar mengajar berlangsung. 4) Siswa suka bermain. 5) Nilai siswa di bawah KKM Berdasarkan dari gejala-gejala yang dikemukakan di atas, dapat dianalisa bahwa hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kurang optimal. Pada dasarnya banyak upaya yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya dengan menggunakan strategi Index Card Match. Metode Indek Card Matc merupakan model pembelajaran yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Artinya, siswa sudah memiliki bekal pengetahuan ketika masuk kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Teluk kuranji Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 20 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran Index card match yang dilaksanakan berdasarkan langkah-langkah pelaksanaannya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 47% dengan kategori “sedang” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 72% dengan kategori ‘tinggi’ dan siklus II sebesar 81% dengan kategori “tinggi” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 94%. 2) Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 63% dengan kategori “tinggi” pada pertemuan 2 menjadi 71% dengan kategori juga ‘tinggi’ dan siklus II pertemuan 1 sebesar 77% dengan kategori “sangat tinggi”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 82% dengan kategori “sangat tinggi”. 3) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan Strategi Pembelajaran Index Card Match sebesar 51 atau dengan kategori cukup, pada siklus I sebesar 66,7 dengan kategori “cukup” pada siklus II sebesar 71,5 dengan kategori “baik”. Artinya penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajara IPS pada siswa di MIS Teluk kuranji Kecamat Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:46
Last Modified: 11 Oct 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8212

Actions (login required)

View Item View Item