Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK DELPHI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V MIN MERANGIN KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Yusmanidar (2012) PENERAPAN TEKNIK DELPHI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V MIN MERANGIN KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012937.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V MIN Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Teknik Delphi dalam meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V MIN Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Delphi untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS hanya mencapai rata-rata persentase 54,7%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 65,3% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 65,3% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 65,3% menjadi 80,4% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 80,4% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Delphi dapat meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V MIN Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:42
Last Modified: 11 Oct 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8210

Actions (login required)

View Item View Item