Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AZZAHIDIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Ayu Pujiati (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AZZAHIDIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012923.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di Madrasah Ibtidaiyah Azzahidin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa, di antaranya: Hanya 5 orang dari 20 siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita. Apabila guru memberikan pertanyaan yang menyangkut tentang teks bacaan dalam sebuah cerita, terlihat hanya sebagian kecil siswa yang mampu menjawab. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi cerita, hanya sebagian kecil dari jumlah siswa yang mampu untuk mendeskripsikannya di depan kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah Kemampuan Membaca Pemahaman dapat ditingkatkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think Paire Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MI Azzahidin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Paire Share pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Azzahidin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata klasikal nilai siswa adalah 64.0. Pada siklus I hasil belajar siswa dikategorikan dengan rata-rata klasikal nilai 76.6. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan kategori tinggi dengan rata-rata klasikal nilai 87.3 dengan demikian penggunaan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di MI Azzahidin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:41
Last Modified: 11 Oct 2016 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item