PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA NARASI MELALUI METODE MULTISENSORI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Rosmiati, (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA NARASI MELALUI METODE MULTISENSORI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012911.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita narasi, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penerapan Metode Multisensori dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menulis cerita narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan Metode Multisensori. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 11 orang putri dan 13 orang putra. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Metode Multisensori untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita narasi. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase kemampuan siswa pada sebelum tindakan mencapai persentase 52% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 52% berada pada rentang 40-55%. Setelah dilakukan tindakan melalui metode Multisensori, kemampuan siswa meningkat dengan persentase 63% dengan kategori “Cukup Mampu” karena berada pada rentang 56-75%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis cerita narasi melalui metode Multisensori mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan persentase 80% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76-100%. Artinya kemampuan siswa kelas IV MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Dalam Menulis cerita narasi telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:39
Last Modified: 11 Oct 2016 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item