Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MEREKRUT PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL-KAROMAH AIDARUSY SIBIRUANG

RAHMAYANI FITRI, - (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MEREKRUT PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL-KAROMAH AIDARUSY SIBIRUANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAYANI FITRI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmayani Fitri, (2024): Strategi Kepala Sekolah dalam Memanfaatkan Media Sosial untuk Merekrut Peserta Didik Baru di (SMP) Al-Karomah Aidarusy Sibiruang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut peserta didik baru di SMP Al- Karomah Aidarusy Sibiruang, 2) Faktor Pendukung dan Penghambat strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut peserta didik baru di SMP Al-Karomah Aidarusy Sibiruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, tenaga administrasi sekolah (sekaligus pengelola akun media sosial milik sekolah) dan pengasuh (sekaligus anggota PPDB). Objek penelitian ini adalah strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut peserta didik baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut peserta didik baru di SMP Al-Karomah Aidarusy Sibiruang yaitu strategi promosi. Dalam mempromosikan SMP Al-Karomah Aidarusy Sibiruang, pihak sekolah memanfaatkan media sosial, berupa facebook, youtube, instagram, dan tiktok. bentuk pemanfaatan media sosial yang digunakakan dalam mempromosikan sekolah diantaranya, pihak sekolah mengupload ke akun media sosial milik sekolah itu dalam bentuk tulisan, vidio dan foto kegiatan sekolah sehingga menarik calon peserta didik baru. Jumlah peserta didik baru yang menerima informasi dari beberapa media sosial ini adalah sebagai berikut : Facebook 35%, Youtube 20%, Instagram 10%, dan Tiktok 15%. 2).Faktor pendukung dan penghambat Strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut peserta didik baru di SMP Al-karomah Aidarusy Sibiruang. Pertama faktor pendukung yaitu: Dukungan para stakeholders, Jaringan yang bagus serta, Adanya sarana dan prasarana milik sekolah. Kedua faktor penghambat yaitu: Jaringan, Sedikitnya tenaga khusus dalam menegelola media sosial milik sekolah, Jangkauan belum terlalu banyak/ sasaran masih sedikit, serta Fasilitas yang kurang lengkap. Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah, Media Sosial, Rekrutmen Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZAMSISWAYA, -2021017002drzamsiswaya@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jul 2024 13:21
Last Modified: 16 Jul 2024 13:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82075

Actions (login required)

View Item View Item