Herna Yusna (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCARI KALIMAT UTAMA DENGAN STRATEGI OVERVIEW, KEY IDEAS, READ, RECORD, RECITE, REVIEW, AND REFLECT (OK5R) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MERANGIN KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012910.pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mencari kalimat utama, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu bagaimana Strategi Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, and Reflect (OK5R) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mencari gagasan kalimat utama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, and Reflect (OK5R) dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam mencari gagasan kalimat utama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi OK5R untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mencari kalimat utama. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Strategi Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, and Reflect (OK5R) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mencari kalimat utama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Hasil ini terlihat pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 61,1% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 61,1% berada pada rentang 55-69%. Setelah dilakukan, kemampuan siswa meningkat dengan persentase 70,0% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 70-84%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam mencari kalimat utama mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan persentase 81,3% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 70-84%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 03:37 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8207 |
Actions (login required)
View Item |