Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGKINANG

TANIA SALSABILLA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (ABB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)

Abstract

TANIA SALSABILLA (2024) :PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGKINANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game ludo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Bangkinang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Control Grub Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 137 orang. Sedangkan sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media game ludo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Bangkinang Kabupaten Kampar dengan thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,001 < 4,756 > 2,663) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji effect size yang menunjukkan penggunaan media game ludo memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 1,25 atau 1,25% yang tergolong besar. Kata Kunci : Media Game Ludo, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarni, -1002128202darni@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 09:30
Last Modified: 17 Jul 2024 09:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82068

Actions (login required)

View Item View Item