Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT DI GUDANG APOTEK Z DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERIODIC ORDER QUANTITY (POQ) BERDASARKAN METODE KOMBINASI ABC-VEN

YULIA WILDA, - (2024) PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT DI GUDANG APOTEK Z DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERIODIC ORDER QUANTITY (POQ) BERDASARKAN METODE KOMBINASI ABC-VEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
LAPORAN LENGKAP TANPA BAB 4&5.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB 4&5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Gudang Apotek Z yang terletak di Jl. HR. Soebrantas Panam No.297 A, Sidomulyo Barat., Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28000. Apotek Z mempunyai pengendalian persediaan yang kurang baik, Berdasarkan data yang diperoleh terdapat 831 jenis obat yang dimusnahkan pada tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan obat berdasarkan nilai investasi tertinggi serta obat yang paling banyak membarikan keuntungan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjadwalkan pemesanan dan pemesanan ulang yang akan dilakukan perusahan unuk menjaga keseimbangan di gudang. Metode yang digunakan yaitu metode kombinasi ABC-VEN yang akan menghasilkan obat yang memrlukan pengendalian yang tepat, serta metode POQ yang akan menghasilkan frekuensi pemesanan dan kuantitas pemesanan yang akan dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan obat dengan kategori EA yang memiliki nilai investasi Rp482.350.719. Pemesanan obat Generik Antasida Doen Syr Rama 60 Ml dilakukan setiap 1 kali dalam sebulan dengan kuantitas 168 obat. Pemesanan ulang atau ROP dapat dilakukan jika kapasitas obat berjumlah 542. Kata Kunci: ABC, Apotek, POQ, VEN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRIANA SURAYYAUNSPECIFIEDftiriani.surayya.l@uin-suska.ac.id
Thesis advisormuhammad nurUNSPECIFIEDmuhammad.nur@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:34
Last Modified: 17 Jul 2024 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82063

Actions (login required)

View Item View Item