Maryulianis (2012) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENERAPAN TEKNIK BERCURAH PENDAPAT PADA SISWA KELAS IV MIN MERANGIN KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012909.pdf Download (441kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terlihat dari gejala yang ditemukan dilapangan, yaitu dalam proses pembelajaran siswa jarang mengajukan pertanyaan ataupun memberikan tanggapan, jika diberikan pertanyaan, siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru, sebagian siswa tidak dapat merespons atau menanggapi setiap guru dan siswa lain memberikan pertanyaan atau tanggapan, dan jika diberikan tugas, sebagian siswa tidak dapat menjawab dengan benar. Dari permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimanakah peningkatan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV MIN Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar dengan penerapan Teknik Bercurah Pendapat. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 6 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Bercurah Pendapat untuk meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 53,9%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 64,3% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 64,3% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 64,3% menjadi 77,9% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 77,9% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui Teknik Bercurah Pendapat dapat meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV MIN Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 03:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 03:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8206 |
Actions (login required)
View Item |