Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOLAAN ZAKAT MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 (Studi di Masjid Nurul Ikhlas KelurahanTuahmadani Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru)

FUKRON AL FAJAR, - (2024) PENGELOLAAN ZAKAT MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 (Studi di Masjid Nurul Ikhlas KelurahanTuahmadani Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUKRON AL FAJAR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fukron Al Fajar (2024): Pengelolaan Zakat Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Studi Masjid Nurul Ikhlas Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tuah Madani Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan zakat di Masjid Nurul Ikhlas Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tuah Madani tahun 2024. Terjadi perbedaan pelaksanaan menurut undang-undang, sehingga pengelolaan zakat yang dilakukan itu sesuai atau tidak dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat seperti dalam ketentuan umum, lembaga dan mekanisme pengelolaan zakat. Rumusan masalah dalam skripsi adalah bagaimana pengelolaan zakat di masjid Nurul Ikhlas Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tuah Madani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan zakat menurut Hukum Islam dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 di masjid Nurul Ikhlas Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tuah Madani dan bagaimana pengelolaan zakat menurut tinjauan Hukum Islam dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Hukum Islam empiris atau Hukum Islam sosiologis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Masjid Nurul Ikhlas Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tuah Madani. Sumber penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung oleh informan melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kepada orang-orang yang terlibat dalam pengelolaan zakat seperti amil, dan mustahik zakat di Masjid Nurul Ikhlas dan data sekunder diperoleh dari buku-buku, dokumen, dan jurnal yang memiliki hubungannya dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah Pengelolaan Zakat di Masjid Nurul Ikhlas dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 namun belum begitu maksimal seperti dalam bab ketentuan zakat, pengelolaan zakat mal belum begitu maksimal dikarenakan masyarakat yang menunaikan zakat mal sedikit sehingga hanya cukup menutupi operasional amil dalam zakat fitrah kemudian dalam bab mekanisme pengelolaan zakat bagian pelaporan, dalam pelaporan dilakukan dengan pemberitahuan secara publik namun belum diberitahukan kepada pejabat berwenang seperti Kepala KUA Kecamatan atau BAZNAS. kata kunci: Pengelolaan Zakat, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorERMAN2017127501ermangani@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIEDZUL IKROMI2007108602zul.ikromi.yasir@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:26
Last Modified: 17 Jul 2024 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82055

Actions (login required)

View Item View Item