PERANAN WANITA KARIR DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI DESA SENDAYAN KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Ruslami, (2012) PERANAN WANITA KARIR DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI DESA SENDAYAN KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012519.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, wanita karir selain mengurus kebutuhan rumah tangga dia juga melakukan aktivitas-aktivitas lain untuk membantu ekonomi keluarga baik di rumah maupun di luar rumah, dan hal itu tentu menyita waktu, pemikiran dan tenaga. Namun wanita karir tersebut masih melakukan bimbingan belajar anaknya di rumah, seperti membantu menjawab PR yang kurang dipahami anak. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan wanita karir dalam membimbing belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di Desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah para wanita karier yang berada di desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara Utara yang berprofesi sebagai Guru, pedagang, Petani Sawah, Petani Karet, Petani Sawit, Pegawai Pemerintahan dan Wiraswasta sebanyak 210 orang. Objek penelitian adalah peranan wanita karier dalam membimbing belajar anaknya pada mata pelajaran ekonomi di Desa Sendayan. Berdasarkan hasil analisa penelitian yang telah peneliti uraikan pada Bab. IV, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar tergolong dalam kategori baik, karena jika dirata-ratakan seluruhnya berjumlah 76.12. 2) Aktivitas belajar anak dalam belajar ekonomi di desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar yang terbanyak adalah aktifitas membaca dan juga menulis. Artinya, anak dalam belajar ekonomi di desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dianggap cukup baik. 3) Peranan Wanita Karir dalam membimbing anaknya dalam mata pelajaran ekonomi di Desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar ditinjau dari keseluruhan aspek tergolong “baik”, dimana responden penelitian yang berjumlah 52 orang yang menyatakan benar sebesar 73.5%, Sedangkan responden yang menyatakan cukup benar sebesar 25.1%, dan responden yang menyatakan tidak benar sebesar 1.4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:15
Last Modified: 10 Oct 2016 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8203

Actions (login required)

View Item View Item