Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA DI LEMBAGA KESAJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN AS-SHOHWAH MERPATI SAKTI PANAM

MUTHIA KHAIRUNNISYA, - (2024) EFEKTIFITAS BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA DI LEMBAGA KESAJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN AS-SHOHWAH MERPATI SAKTI PANAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUTHIA KHAIRUNNISYA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muthia Khairunnisya (2024) : Efektivitas Bimbingan Sosial Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Remaja Di Lembaga Kesajahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Asuhan As-Shohwah Merpati Sakti Panam Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas bimbingan sosial dalam peningkatan penyesuaian diri remaja di Panti Asuhan As-Shohwah, merpati sakti panam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan analisis kuantitatif. 10 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling dan di bagi menjadi 2 kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Bimbingan sosial dilakukan 8 kali pertemuan pada kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest menggunakan kuesioner kepada kedua kelompok. Analisis data menggunakan uji N-Gain menunjukakan perbandingan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan penyesuaian diri yang cukup efektif setelah menerima bimbingan sosial, sementara kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan terkait peningkatan penyesuaian diri remaja di Panti Asuhan. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya program bimbingan sosial yang terstruktur di panti asuhan. Dengan dukungan yang tepat, remaja di panti asuhan dapat mengembangkan kemampuan penyesuaian diri yang lebih baik, yang pada pasangannya akan membantu mereka menjadi individu yang lebih mandiri dan tangguh. Oleh karena itu, pelaksanaan dan pengembangan program bimbingan sosial harus menjadi prioritas bagi lembaga yang bertanggung jawab atas kesejahteraan remaja di panti asuhan. Kata kunci : Bimbingan Sosial, Penyesuaian Diri, Remaja, Panti Asuhan, N-Gain Score, Efektivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFAHLI ZATRAHADI, -2021048701m.fahli.zatra.hadi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:49
Last Modified: 16 Jul 2024 05:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82012

Actions (login required)

View Item View Item