Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KINERJA KEPALA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA KUALA SEMUNDAM KECAMATAN BANDAR PETALANGAN KABUPATEN PELALAWAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

NURSYAM RATIH SANDARY, - (2024) KINERJA KEPALA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA KUALA SEMUNDAM KECAMATAN BANDAR PETALANGAN KABUPATEN PELALAWAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh tentang program dalam pembangunan desa, tidak adanya keterbukaan informasi kepada masyarakat padahal dalam pasal 24 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 disebutkan adanya asas keterbukaan yang dimaksud agar masyarakat mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan dan program pembangunan desa yang akan dijalankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Kepala Desa menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Kepala Desa Kuala Semundam dan untuk mengetahui kinerja Kepala Desa Kuala Semundam dalam Perspektif Fiqh Siyasah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lapangan bersifat kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Kuala Semundam, sumber data penelitian ini adalah data primer (Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Sekretaris), data sekunder (masyarakat dan buku-buku), teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data deskriptif kualitatif . Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kinerja Kepala Desa Kuala Semundam sudah menjalankan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014, yaitu dengan cara mendata kebutahan desa, melihat ketersediaan anggaran dana, melakukan rapat koordinasi dan mengimplementasikan pembangunan yang mana di prioritaskan. Faktor pendukung adanya anggaran dana, adanya koordinasi antara pemerintahan desa dengan pihak-pihak yang ditetapkan, perangkat desa yang selalu mendukung segala kegiatan, sementara faktor penghambat keterbatasan biaya, minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah desa kepada masyarakat. Perspektif Fiqh Dusturiyah apa yang sudah dilakukan oleh Kepala Desa kuala semundam masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan dalam Islam. Kata Kunci : Kinerja Kepala Desa, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, Perspektif Fiqh Dusturiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAFRINALDI, -2023098101Idlanirfays@gmail.com
Thesis advisorMuslim, -2005057207muslimkhansa72@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:52
Last Modified: 16 Jul 2024 05:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82011

Actions (login required)

View Item View Item