Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 11 SMA IT IMAM SYAFI’I 0 PEKANBARU RIAU. TESIS. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

M. MAS'UD, - (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 11 SMA IT IMAM SYAFI’I 0 PEKANBARU RIAU. TESIS. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS M. MAS'UD.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Mas’ud, (0202) :Efektivitas Penggunaan Model Scramble Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas 11 SMA IT Imam Syafi’i 0 Pekanbaru Riau. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: Apakah penggunaan model scramble efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab pada siswa kelas 11 SMA IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui apakah penggunaan model scramble efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab pada siswa kelas 11 SMA IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner (pretest dan posttest) Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: penggunaan model scramble dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa arab pada siswa kelas 11 SMA IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru Riau. Hal ini dibuktikan dari hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa hasil uji t pada Pretest Postest dikelas Eksperimen adalah -56365 dengan signifikan 06000 lebih kecil dari 0605 dan hasil uji t pada Pretest Postest dikelas kontrol adalah 06213 dengan signifikan 0,534 lebih besar dari 0605. Maka Ho (Hipotesis nihil) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Dengan artian bahwa ada perbedaan yang jelas pada nilai siswa di kelas eksperimen dan control antara 06534 sampai 06000. Dan belajar bahasa arab dengan menggunakan model scramble efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci: Model S creamble, Motivasi Belajar, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAPRIJON EFENDI, -2026087101aprijonefendi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRUSDI, -2006066601rusdiibrahim23@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:28
Last Modified: 16 Jul 2024 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82007

Actions (login required)

View Item View Item