PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XIDI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU

Sri Hartati, (2011) PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XIDI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011484.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengalaman belajar adalah interaksi individu dengan lingkungan dimana dia belajar. Lingkungan yang dimaksud disini adalah seperti kehadiran guru, metode pengajaran yang digunakan, bahan pengajaran dan fasilitas-fasilitas sekolah. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dari pengalaman belajar terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 2 Tambusai Utara. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai masukan bagi guru untuk memudahkan dalam menilai prestasi siswa, sebagai masukan bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar, dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, sebagai pengalaman bagi peneliti untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pengalaman belajar, sebagai referensi untuk peneliti lain dengan objek dan subjek yang sama, dan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan study dalam rangka meraih gelar Sarjana Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA RIAU. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menghubungkan antara pengalaman belajar terhadap prestasi belajar, dan penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier yang dibantu dengan program computer yaitu SPSS (statistica program society science). Untuk memperoleh data peneliti menggunakan tiga teknik yaitu angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Dari data yang peneliti dpatkan maka diperoleh hasil bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara pengalaman belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 2 Tambusai Utara. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi > 0,05, yaitu 0,239, dengan demikian Ho diterima Ha ditolak, dengan persentase 11% dan persentase yang lain dipengaruhi oleh variable lain, selain dari pengalaman belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:04
Last Modified: 14 Jan 2016 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item