PENERAPAN STRATEGI MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFAZKAN HUKUM QAWLI SHALAT FARDHU PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA RUSQAH PEKANBARU

Elmiati, (2011) PENERAPAN STRATEGI MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFAZKAN HUKUM QAWLI SHALAT FARDHU PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA RUSQAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011153.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Shalat fardhu merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang muslim yang telah memenuhi syarat antara lain apabila telah mencapai usia baliq, yaitu anak yang sudah menduduki bangku sekolah menengah seperti siswa SMP, kenyataan yang terjadi bahwa kemampuan siswa SMP Rusqah dalam melafazkan bacaan shalat fardhu masih rendah. Keadaan ini terlihat adanya gejala-gejala antara lain, tidak tepatnya siswa melafazkan bacaan do’a iftitah, tidak berurutan dalam melafazkan bacaan do’a iftirasy, dan salah menempatkan bacaan do’a tahyat dan lainlain. Oleh karena itu, sebagai guru agama, penulis merasa perlu untuk melakukan usaha meningkatkan kemampuan siswa dalam melafazkan bacaan shalat fardhu, usaha tersebut dilakukan dalam bentuk desain penelitian tinadakan kelas (PTK), dengan menerapkan strategi Modelling The Way,.agar siswa dapat melaksanakan shalat dengan baik dan sah. Tindakan ini dilaksanakan melalui tiga siklus, setiap siklus 2x pertemuan, dan melaksanakan tahapan-tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Ternyata strategi Modelling The Way dapat memperbaiki kemampuan melafazkan bacaan shalat siswa SMP Rusqah. Hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata setelah tindakan meningkat 47% dari sebelum tindakan. Kondisi ini tergambar dari sebelum tindakan perolehan nilai rata-rata 52.9, setelah tindakan pada siklus I menjadi 65.6, siklus II 76.9 dan pada siklus III 77.7. . Dengan demikian strategi Modelling The way dapat meningkatkan kemampuan melafazkan bacaan shalat (Hukum Qawli) siswa di SMP Rusqah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:30
Last Modified: 22 Dec 2015 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item