MEIRISA DAHLIA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan bentuk desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran SETS dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes literasi sains. Data hasil posttest literasi sains siswa dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 22 dan diperoleh hasil sig. (2tailed) < sig 0.05 (0.000 < 0.05). Sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Model SETS (Science, Environment, Technology, and Society), Literasi Sains, Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 02:21 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 02:21 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81998 |
Actions (login required)
View Item |