M. Yoga Pangestu, Yoga
(2024)
Analisis Kualitas Sistem SLIMS Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Metode E-Servqual dan Importance Performance Analysis.
JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, 9 (1).
pp. 1-30.
ISSN 2527-9866
Abstract
Abstrak – SLIMS pada perpustakaan Universitas XYZ ini sudah di bangun sejak tahun 2014 dan mulai diterapkan pada tahun 2018 dan sudah berjalan hingga saat ini. Selama penerapan terdapat beberapa permasalahan diantaranya kelengkapan koleksi buku yang kurang lengkap, hal ini menyebabkan mahasiswa lebih memilih buku secara manual. Selain itu, terkadang masih ada beberapa masalah yang terjadi saat memproses data yang digunakan. Pengguna masih banyak yang kurang paham dalam menggunakan SLIMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dan memberikan saran untuk perbaikan sistem SLIMS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-Servqual yang memiliki 5 variabel pada metode tersebut dan Metode Importance Performance Analysis digunakan untuk membandingkan antara penilaian pengguna terhadap tingkat kepentingan dari kualitas layanan. Data yang didapatkan dari penelitian ini yaitu menyebarkan kuesioner dengan sampel berjumlah 100 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan tools SMART-PLS 4. Hasil analisis yang didapatkan pada tingkat kepuasan pengguna ada 3 variabel yang signifikan dan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna yaitu variabel Empathy, Responsiveness dan Tangible. Sedangkan 2 variabel lainnya yaitu Assurance dan Reliability tidak memiliki hubungan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih cukup puas dan dilakukan analisis IPA terhadap 4 kuadran untuk dievaluasi faktor pelayanan berdasarkan tingkat kepuasan pengguna.
Kata Kunci - SLIMS, E-Servqual, Importance Performance Analysis, SMART-PLS 4.
Actions (login required)
|
View Item |