Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI MAKNA JIHAD DALAM AL-QUR’AN (Analisis Ayat-Ayat Jihad Dalam Konteks Keindonesiaan Perspektif Mufassir Nusantara)

TOGARUDDIN SIREGAR, - (2024) KONTEKSTUALISASI MAKNA JIHAD DALAM AL-QUR’AN (Analisis Ayat-Ayat Jihad Dalam Konteks Keindonesiaan Perspektif Mufassir Nusantara). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV ANALISIS)
BAB IV ANALISIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontekstualisasi MAKNA JIHAD DALAM AL-QUR’AN (Analisis Ayat-ayat Jihad dalam konteks keindonesiaan Perspektif Mufassir Nusantara). Penelitian ini berangkat dari pemahaman bahwa Konsep jihad dalam Al-Qur`an memiliki keluasan makna yakni ditemukan bahwa konsep jihad dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk dalam menghadapi permasalahan masyarakat kekinian dengan menyesuaikan dengan kondisi, situasi, dan perkembangan ilmu dan teknologi di masa kini yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana jihad. Jenis penelitian yang digunakan adalah library reseach. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu primer dan sekunder. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu bagaimana Bagaimana Kontekstualisasi makna jihad dalam al-Qur’an menurut para mufassir nusantara? Bagaimana penafsiran Ulama Nusantara terhadap ayat-ayat Jihad dalam konteks ke-Indonesian?. Oleh karena itu, setidaknya terpat dua hasil dalam penelitian ini yang terdiri dari; Pertama, bahwa cita-cita moral ayat-ayat jihad adalah memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, seperti nilai-nilai keadilan, persamaan hak, dan kebebasan dari segala bentuk penindasan, serta sejumlah persoalan kemanusiaan lainnya yang dapat merugikan pembangunan tatanan sosial yang adil dan di muka bumi. Kedua, Kontekstualisasi jihad dalam konteks ke-Indonesiaan sekarang ini. Kontekstualisasi jihad di masa sekarang ini bukanlah dalam bentuk jihad perang, namun jihad yang relevan dalam konteks sekarang ini ialah berjuang dengan cara-cara yang damai untuk membangun kemaslahatan bersama dalam konteks kehidupan bernegara, membangun tatanan kehidupan sosial yang lebih adil. Agenda jihad atau perjuangan umat Islam dalam konteks kehidupan bernegara bersama masyarakat Indonesia masa kini meliputi jihad dalam bidang ekonomi, pendidikan, politik, dan moderasi beragama. Kata Kunci: Kontekstualisasi, Jihad, Keindonesiaan,Mufassir Nusantara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah Ismail, -2017127903hidayatullah.ismail@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAgus Firdaus Chandra, -2129088503agus.firdaus.chandra@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:11
Last Modified: 18 Jul 2024 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81992

Actions (login required)

View Item View Item