Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH ( STUDI DI DESA RANTAU MAPESAI KOTA RENGAT )

AN-NUR, - (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH ( STUDI DI DESA RANTAU MAPESAI KOTA RENGAT ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (GABUNGAN KECUALI BAB IV)
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN ANNUR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

An-nur (2024) : Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengelolaan Keuangan Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga dalam Perspektif Ekonomi Syariah ( Studi di desa Rantau Mapesai kota Rengat) Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengelolaan keuangan keluarga yang baik dalam meningkatkan kesejahteraan finansial, khususnya bagi ibu rumah tangga di desa Rantau Mapesai kota Rengat. Namun, banyak Ibu rumah tangga di desa ini yang belum menerapkan prinsip syariah dalam pengelolaan keuangan keluarganya, seperti tidak memprioritaskan kebutuhan primernya dan melakukan transaksi yang mengandung unsur riba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan literasi keuangan syariah terhadap pengelolaan keuangan keluarga pada ibu rumah tangga secara parsial, secara simultan, dan bagaimana pengaruh religiusitas dan literasi keuangan syariah terhadap pengelolaan keuangan keluarga dalam perspektif ekonomi syariah. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah 68 responden yang dipilih menggunakan teknik sampel accidental sampling berdasarkan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial religiusitas dan literasi keuangan syariah memiliki pengaruh terhadap pengelolaan keuangan keluarga, dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Secara simultan, religiusitas dan literasi keuangan syariah memiliki pengaruh signifikan yang lebih kuat terhadap pengelolaan keuangan keluarga. Hal ini terbukti dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel, dengan tingkat signifikansi yang kurang dari 0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,920 mengindikasikan bahwa 92% variabilitas pengelolaan keuangan keluarga dapat dijelaskan oleh religiusitas dan literasi keuangan syariah, sementara 8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dalam perspektif ekonomi syariah, religiusitas dan literasi keuangan syariah memiliki pengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan keluarga oleh ibu rumah tangga. Kata kunci : Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah dan Pengelolaan Keuangan Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURNASRINA2005048001nurnasrina@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIEDAHMAD HAMDALAH2029078601ahmad.hamdalah@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:21
Last Modified: 17 Jul 2024 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81973

Actions (login required)

View Item View Item