Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU

ANISA DESI SAFITRI, - (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Desi Safitri (2024): Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta untuk menguji pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 515 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling dengan penarikan sampel sebesar 20% sehingga jumlah sampel 104 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 5 Pekanbaru tergolong sangat baik dengan persentase 81,8% dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik dengan persentase 80%. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Pekanbaru yang ditunjukan dengan nilai = 0,622 lebih besar dari nilai table pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (0,195 < 0,622 > 0,254). Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFRIDA, -2013016601mamadzaky281107@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:29
Last Modified: 17 Jul 2024 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81954

Actions (login required)

View Item View Item