Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 40 PEKANBARU

RINI WEDIANA, - (2024) VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap partipasi aktif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS dan guru mendominasi proses pembelajaran di mana materi sepenuhnya disampaikan oleh guru sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru yang berjumlah 563 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 95 siswa, yaitu siswa kelas VII sampai kelas IX dalam 15 rombongan belajar (kelas). Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis di lakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa variasi gaya mengajar guru berpengaruh terhadap partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran IPS hal ini dilandasi dengan nilai signifikansi sebesar rhitung 0,409 > rtabel 0,202 pada taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,167 maka dapat diketahui bahwa kontribusi variasi gaya mengajar guru terhadap partisipasi aktif siswa sebesar 16,7% dan sisanya 83,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLIMUDDIN HASSAN2024096601alimuddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:39
Last Modified: 17 Jul 2024 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81906

Actions (login required)

View Item View Item