FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN KERJA PADA PT. PECTEC (Studi Kasus Penumbangan HTI PT. RAPP Sektor Baserah Kab. Kuansing)

Sepeb Delem, (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN KERJA PADA PT. PECTEC (Studi Kasus Penumbangan HTI PT. RAPP Sektor Baserah Kab. Kuansing). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201140.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. PECTEC. Penelitian dimulai sejak bulan April 2010 sampai dengan selesai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja pada PT. PECTEC (Studi Kasus Penumbangan HTI PT. RAPP Sektor Baserah Kab. Kuansing). Hipotesis penelitian ini adalah: terdapatnya kecelakaan kerja karyawan PT. PECTEC diduga karena human error, peralatan kerja dan fasilitas kerja yang kurang memadai. Dalam penelitian ini jenis dan sumber data primer diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 94 orang responden, pengambilan sample secara random sampling dimana sample diambil secara acak. Analisis ini juga didukung oleh data sekunder yang diperoleh langsung dari perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji statistic, dapat disimpulkan bahwa kecelakaan kerja dipengaruhi oleh human error, peralatan kerja, dan fasilitas kerja. Hal ini sesuai dengan pengujian SPSS baik secara simultan maupun secara parsial, dimana hasil pengujian secara simultan variabel bebas secara bersama-sama memiliki nilai Fhitung 101,743 > Ftabel 2,705. Dengan demikian variabel bebas (human error, peralatan kerja dan fasilitas kerja) secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu kecelakaan kerja. Pengujian secara parsial diketahui bahwa variabel bebas ( X ) mempengaruhi secara nyata terhadap variabel terikat ( Y ) dimana thitung lebih besar dari ttabel, berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil koefisien regresi diketahui faktor human error (X1) dengan nilai thitung 9,811 > ttabel 1,986, faktor peralatan kerja (X2) dengan nilai thitung 4,262 > ttabel 1,986 dan faktor fasilitas kerja (X3) dengan nilai thitung 4,180 > ttabel 1,986. Dari hasil pengujian (R²) sebesar 0,772 yang artinya human error, peralatan kerja dan fasilitas kerja memberi pengaruh terhadap kecelakaan kerja sebesar 77,20%. Sedangkan sisanya sebesar 22,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Demi kelancaran proses produksi pada PT. PECTEC, maka sebaiknya perusahaan meningkatkan / memperhatikan human error, peralatan kerja dan fasilitas kerja untuk menekan tingkat kecelakaan kerja dan untuk mencapai tujuan perusahaan. Kata Kunci : Human Error, Peralatan Kerja dan Fasilitas Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:15
Last Modified: 14 Jan 2016 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item