Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS DILEMA MORAL TERHADAP SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS DAREL HIKMAH PEKANBARU

NURI ANISAH, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS DILEMA MORAL TERHADAP SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajara analisis dilema moral terhadap sikap peduli sosial siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darel Hikmah Pekanbaru. Adapun metode dalam penelitian adalah quasi eksperiimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 244 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 41orang yaitu, kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII I sebgai kelas eksperimen dengan penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitiian ini menggunakan angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05dan nilai thitung sebesar 6,457 dan ttable 2,023 untuk taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifkansi antara penggunaan model pembelajaran analisis dilema moral terhadap sikap peduli sosial siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darel Hikmah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSukma Erni, -20150568012015056801
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:36
Last Modified: 16 Jul 2024 05:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81894

Actions (login required)

View Item View Item