Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BABUSSALAM PEKANBARU

DAHLIA RUPIZA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya ketetampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Babussalam Pekanbaru, sehingga mengakibatkan siswa yang tidak terlibat dalam pembelajaran IPS. Begitu pula, dalam pembelajaran tidak terjadinya umpan balik diantaranya disebabkan guru kurang memberikan model pembelajaran yang bervariasi. Selain itu, dan guru cenderung memilih metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan tidak efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP Babussalam Pekanbaru yang berjumlah 124 siswa. Sedangkan untuk sampel penelitian ini di ambil 50 siswa, yaitu siswa kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap keterampilan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini di landasi dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dan di ketahui nilai t hitung 9,645 >lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,676 maka H0 di tolak dan Ha di terima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlimuddin, -2024096601alimuddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:17
Last Modified: 16 Jul 2024 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81892

Actions (login required)

View Item View Item