Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NURUL FALAH PEKANBARU

Maiyeni Zetri (2012) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NURUL FALAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012472.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Nurul Falah Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah hubungan kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru.Populasinya adalah siswa kelas X yang berjumlah 151 orang dan penulis mengambil sampel dengan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama (X) dan Variabel kedua (Y) bersifat ordinal dan interval. maka penulis menggunakan rumus product moment dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 17.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa kemandirian belajar terkategori “baik” dengan persentase 72,23%, dan prestasi belajar siswa terkategori “baik” dengan persentase 35%. Sedangkan hubungan kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru, dengan Konstribusi kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa adalah 0.628x100% = 62,80% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana (observasi/RSquart) 0.628, dengan df = 58, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.250<0.628>0.325, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Oct 2016 06:58
Last Modified: 05 Oct 2016 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item