Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Mahdalena (2012) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012469.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII koto Kampar kabupeten Kampar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Batu Bersurat, sementara objek penelitian ini adalah hubungan antara Lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Batu Bersurat kecamatan XIII Koto Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Ekonomi dan seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batu Bersurat kecamatan XIII Koto Kampar yang berjumlah 115 orang.. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama (X) dan Variabel kedua (Y) bersifat ordinal. maka penulis menggunakan rumus koofisien kontingensi. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa lingkungan belajar terkategori sangat baik dengan persentase 85,07, dan motivasi belajar siswa terkategori sangat baik dengan persentase 87,84%. Sedangkan Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Batu Bersurat kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan Konstribusi lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa adalah 0,3 X 100% = 30% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana (observasi) 0.3, dengan df = 113, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.174<0.3>0.228, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Oct 2016 06:56
Last Modified: 05 Oct 2016 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8188

Actions (login required)

View Item View Item