Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN PERAWATAN MESIN VACUUM TRUCK MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN OVERALL MEASURE OF MAINTENANCE PERFORMANCE (OMMP)

FADHILA PUTRI MAYUTA, - PERENCANAAN PERAWATAN MESIN VACUUM TRUCK MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN OVERALL MEASURE OF MAINTENANCE PERFORMANCE (OMMP). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM.

[img] Text
REPOSITORY FADHILA PUTRI FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perawatan perbaikan pada vacuum pump kemudian mengukur kinerja perawatan perusahaan serta mengusulkan perbaikan pada indikator yang memiliki kinerja paling rendah. PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan alat berat. Jasa yang ditawarkan yaitu transportasi drilling di area rig migas. Perusahaan ini menjadwalkan pemeliharaan secara berkala, setiap unit truck telah menempuh jarak 10.000 km. Namun, pemeliharaan tersebut tidak berjalan sesuai yang dijadwalkan. Pemeliharaan banyak tertunda karena perusahaan mendahulukan unit yang rusak untuk perbaikan. Metode RCM dan OMMP digunakan untuk mengetahui komponen kritis mesin dan efektivitas kinerja perusahaan dalam melakukan perawatan. Hasil penelitian ini terdapat 4 komponen yang sering mengalami kerusakan, yaitu crank journal, bearing, seal piston, dan pressure gauge. Untuk kinerja bagian pemeliharaan, dari 14 indikator yang diukur terdapat 8 indikator yang tidak mencapai target perusahaan. Rekomendasi perbaikan yang diberikan yaitu melengkapi SOP perusahaan untuk perawatan dan melakukan penerapan Total Productive Maintenance (TPM). Kata Kunci: Perawatan, Sistem Kerja, RCM, OMMP, Vacuum Pump.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhammad ihsan Hamdy, -2030078601m.ihsanhamdy@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:03
Last Modified: 16 Jul 2024 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81870

Actions (login required)

View Item View Item