NUR IZZATI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
skripsi Nur Izzati kecuali bab IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
skripsi Nur Izzati BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Izzati, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Literasi Sains Siswa di Kelas V pada Muatan Pembelajaran IPA MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model explicit instruction terhadap literasi sains siswa pada muatan IPA siswa kelas V di MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V.B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model explicit instruction sebesar 83,00 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 70,00. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 8,362 dan nilai ttabel sebesar 1,675 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang memberi kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model explicit instruction terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Literasi Sains, Explicit Instruction
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:04 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:16 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81862 |
Actions (login required)
View Item |