Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

NUR IZZATI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
skripsi Nur Izzati kecuali bab IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
skripsi Nur Izzati BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Izzati, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Literasi Sains Siswa di Kelas V pada Muatan Pembelajaran IPA MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model explicit instruction terhadap literasi sains siswa pada muatan IPA siswa kelas V di MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V.B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model explicit instruction sebesar 83,00 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 70,00. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 8,362 dan nilai ttabel sebesar 1,675 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang memberi kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model explicit instruction terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Literasi Sains, Explicit Instruction

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD ILHAM SYARIF, -2026089401mdilhamsf@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:04
Last Modified: 18 Jul 2024 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81862

Actions (login required)

View Item View Item