NOPELA AMANDA, - (2024) THE EFFECTIVENESS OF ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) METHOD AND ESA METHOD PLUS CANVA APPLICATION ON STUDENTS’ WRITING SKILL AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL PERPAJAKAN RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
THESIS LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (18MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Metode ESA (Engage,Study, Activate) dan Metode ESA ditambah aplikasi Canva terhadap Keterampilan Menulis Siswa di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pre-test and post-test grup atau dua kelompok yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen. Jumlah populasinya adalah 240 siswa dan jumlah sampelnya adalah 2 kelas yang terdiri dari 58 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui Pre-test dan Post-test. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test, Independent Sample T-test dan Effect size. Hasil penelitian ini adalah; pertama, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode ESA (Engage, Study, Activate) terhadap keterampilan menulis pengumuman siswa. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode ESA (Engage, Study, Activate) ditambah aplikasi Canva terhadap keterampilan menulis pengumuman siswa. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kondisi kelas. Nilai rata-rata kelompok eksperimen 1 dengan metode ESA (Engage, Study, Activate) adalah 64. Dengan demikian, skor rata-rata dalam eksperimen menggunakan metode ESA (Engage, Study, Activate) ditambah aplikasi Canva adalah 65. Dengan membandingkan nilai rata-rata di atas, terlihat bahwa nilai tersebut peningkatan yang lebih tinggi untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ESA (Engage, Study, Activate) ditambah aplikasi Canva dibandingkan menggunakan metode ESA (Engage, Study, Activate) saja.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 05:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 05:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81858 |
Actions (login required)
View Item |