Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECTIVENESS OF ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) METHOD AND ESA METHOD PLUS CANVA APPLICATION ON STUDENTS’ WRITING SKILL AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL PERPAJAKAN RIAU

NOPELA AMANDA, - (2024) THE EFFECTIVENESS OF ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) METHOD AND ESA METHOD PLUS CANVA APPLICATION ON STUDENTS’ WRITING SKILL AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL PERPAJAKAN RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
THESIS LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Metode ESA (Engage,Study, Activate) dan Metode ESA ditambah aplikasi Canva terhadap Keterampilan Menulis Siswa di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pre-test and post-test grup atau dua kelompok yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen. Jumlah populasinya adalah 240 siswa dan jumlah sampelnya adalah 2 kelas yang terdiri dari 58 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui Pre-test dan Post-test. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test, Independent Sample T-test dan Effect size. Hasil penelitian ini adalah; pertama, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode ESA (Engage, Study, Activate) terhadap keterampilan menulis pengumuman siswa. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode ESA (Engage, Study, Activate) ditambah aplikasi Canva terhadap keterampilan menulis pengumuman siswa. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kondisi kelas. Nilai rata-rata kelompok eksperimen 1 dengan metode ESA (Engage, Study, Activate) adalah 64. Dengan demikian, skor rata-rata dalam eksperimen menggunakan metode ESA (Engage, Study, Activate) ditambah aplikasi Canva adalah 65. Dengan membandingkan nilai rata-rata di atas, terlihat bahwa nilai tersebut peningkatan yang lebih tinggi untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ESA (Engage, Study, Activate) ditambah aplikasi Canva dibandingkan menggunakan metode ESA (Engage, Study, Activate) saja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD FAUZAN ANSYARI2001068101m.f.ansyari@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRIZA AMELIA2015048201riza.amelia@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Jul 2024 05:25
Last Modified: 18 Jul 2024 05:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81858

Actions (login required)

View Item View Item