RIZWAN, - (2024) UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTs AL-HIKMAH SELATPANJANG. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf Download (12MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK RIZWAN (2024) : Upaya Guru Tahfiz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di MTs Al-Hikmah Selatpanjang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an siswa di MTs Al-Hikmah Selatpanjang, dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an siswa di MTs Al-Hikmah Selatpanjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Hikmah Selatpanjang. Data primer dikumpulkan melalui observasi partisipatif di kelas tahfidz, wawancara mendalam dengan guru tahfidz, serta dengan siswa. data sekunder diperoleh melalui analisis dokumen kurikulum, rencana pembelajaran, dan catatan perkembangan hafalan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya yang dilakukan guru tahfidz dalam menjaga hafalan siswa di MTs Al-Hikmah Selatpanjang yaitu berbagai macam seperti membimbing siswa untuk senantiasa menambah hafalan dan muraja‟ah untuk terus mengingat kembali hafalan yang telah di hafalkan oleh siswa, guru juga terus memberikan motivasi kepada siswa,bekerjasama dengan orang tua siswa dan mengingatkan melalui grup WA,guru tahfidz juga memberikan hadiah atau reward kepada siswa yang hafalannya mencapai target serta guru memberikan hukuman kepada siswa yang ketika pembelajaran tahfidz tidak menyetorkan hafalan dan memberikan waktu khusus untuk siswa melakukan murajaah baik secara individu maupun secara kolektif.Faktor pendukung dalam pembelajaran tahfidz di MTs Al-Hikmah Selatpanjang yaitu: niat dalam diri siswa sendiri,menggunakan Al-Qur‟an hafalan yang dilengkapi dengan tajwid yang standar berisi 15 baris dalam satu halaman guna untuk memudahkan siswa dalam menghafal,adanya manajemen waktu terkhusus waktu untuk siswa menambah hafalan dan murajaah, serta motivasi dari guru kepada siswa secara berkelanjutan. Adapun faktor penghambat yang terjadi pada saat kegiatan belajar mengajar pelajaran tahfidz yaitu kurangnya semangat siswa dalam menghafal yang disebabkan berbagai hal,malasnya siswa dalam menghafal dan murajaah hafalan yang sudah ada, tingkat kesungguhan siswa baik dalam mengikuti maupun dalam menghafal pada pembelajaran tahfidz yang masi rendah, minat siswa untuk mengulang-ulang hafalan baik di sekolah maupun di rumah yang rendah, selanjutnya juga kurangnya niat siswa untuk menghafal mereka terfokus pada kegiatan duniawi saja, banyak dosa dan maksiat,tidak mengulang-ulang dan memperdengarkan hafalan Al-Qur‟annya, perhatian yang lebih pada urusan-urusan dunia menjadikan hati terikat dengannya. Kata Kunci : Upaya, Guru Tahfiz, Hafalan Al-Qur‟an
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 05:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 05:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81851 |
Actions (login required)
View Item |