Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 003 RANTAU BAIS KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR

SITI JUNIA ELISA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 003 RANTAU BAIS KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SDN 003 Rantau Bais. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 25 Siswa kelas V SDN 003 Rantau Bais. Objeknya adalah model pembelajaran process oriented guided inquiry learning dan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dimana rata-rata tes sebelum tindakan hanya mencapai 49 atau tergolong kurang. Setelah penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 64 atau tergolong cukup. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 83 atau tergolong baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusiba, -2019107602susiba@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:40
Last Modified: 17 Jul 2024 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81811

Actions (login required)

View Item View Item