Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS SE KECAMATAN SALO (STUDI PERBANDINGAN METODE)

MUHAMMAD ERIZON, - (2024) PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS SE KECAMATAN SALO (STUDI PERBANDINGAN METODE). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Erizon : Penerapan Metode Tahfidz Al-Qur’an Di MTS Se Kecamatan Salo (Studi Perbandingan Metode) Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Pelaksanaan tahfidz Al-qur‟an yang diselengarakan di lembaga pendidikan tergambar upaya mengajarkan benih tauhid dan ajaran agama sedini mungkin. Dengan demikian di kalangan pelajar melalui proses menghafal Al-qur‟an adalah bagian dari bentuk penanaman nilai keagamaan yang tepat dan dibarengi dengan metode yang tepat. Sebuah metode dikatakan baik dan cocok bilamana bisa mengantar kepada tujuan yang dimaksud. Ada beberapa metode yang digunakan dalam menghafal Al-qur‟an: Metode Talaqqi, Metode Binnazhor, Metode Waḥdah (ayat per ayat), Metode Takrir, Metode Kitabah, Metode Sima‟i, Muraja‟ah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penerapan metode wahdah dan murajaah tahfidz Al-qur‟an di MTS Se Kecamatan Salo. Faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz dan siswa. Teknik pengumpulan data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di peroleh bahwa perbandingan penerapan metode wahdah dan murajaah tahfidz Al-qur‟an pada MTS Se Kecamatan Salo berjalan dengan baik. Adapun faktor penghambat dan pendukung penerapan metode tahfidz Al-qur‟an. Faktor penghambat: Intelegensi/kemampuan menghafal, siswa belum lancar membaca Al-qur‟an, kurangnya guru, siswa tidak fokus, malas, kurang motivasi, dana. Faktor pendukung: Semangat siswa, sarana dan prasarana, disiplin siswa. Kata Kunci: Penerapan Metode Menghafal, Tahfidz Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUNZIR HITAMI2022045401mzr.hitami@gmail.com
Thesis advisorYULIHARTI2004047001yulihartiabbaas245@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.122 Al-Qur'an
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:28
Last Modified: 16 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81792

Actions (login required)

View Item View Item