Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Human Interest di Instagram @antarafotocom Pada Bulan Suci Ramadhan 1445 H

Rahmadiyan Dasry, - (2024) Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Human Interest di Instagram @antarafotocom Pada Bulan Suci Ramadhan 1445 H. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Rahmadiyan Dasry Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Human Interest di Instagram @antarafotocom Pada Bulan Suci Ramadhan 1445 H Media Sosial seperti Instagram memiliki keterikatan dengan jurnalistik terutama dalam semiotika. Penelitian ini berfokus pada analisis semiotika foto-foto yang diunggah di akun Instagram @antarafotocom selama bulan suci Ramadhan 1445 H, dengan tujuan untuk mengungkapkan aspek jurnalisme human interest yang terkandung di dalamnya. Metode semiotika digunakan untuk menganalisis tanda-tanda visual dan makna yang tersirat dalam setiap foto tersebut menggambarkan kehidupan sehari-hari, kebudayaan, dan spiritualitas masyarakat selama bulan Ramadhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penggambilan data dalam penelitian ini terdiri atas dokumentasi dan observasi yang menyoroti 8 buah foto dalam instagram @antarafotocom yang dilakukan dari bulan mei hingga saat ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis foto-foto tersebut tidak hanya menyoroti momen-momen religius, tetapi juga menampilkan kisah-kisah manusia yang penuh emosi, solidaritas, dan kemanusiaan. Penelitian ini juga mengeksplorasi bagaimana penggunaan simbol-simbol dan elemen-elemen visual tertentu dalam foto-foto tersebut mempengaruhi penonton dalam memahami dan merespons konten yang disajikan. Ditemukan makna-makna semiotika yakni denotasi, konotasi dan mitos. Dengan penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman dalam menelusuri suatu makna dalam gambar merupakan bentuk analisis semiotika foto yang dapat kita lakukan dan menjadi suatu rujukan dalam ilmu komunikasi. Kata Kunci: Jurnalisme Human Interest, Semiotika Foto, Instagram @antarafotocom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD BADRI, -2013038101muhammad.badri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:24
Last Modified: 19 Jul 2024 06:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81786

Actions (login required)

View Item View Item