Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

GERONTOLOGI PERSPEKTIF TAFSIR BERCORAK AL-ADABY WAL-IJTIMA’I (Kajian Tematik Konseptual)

ARFA GUSNEDI, - (2024) GERONTOLOGI PERSPEKTIF TAFSIR BERCORAK AL-ADABY WAL-IJTIMA’I (Kajian Tematik Konseptual). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Gerontologi perspektif Tafsir bercorak Al-Adabi Wal-Ijtima’I (Kajian tematik Konseptual), penelitian ini bertujuan mengembangkan keilmuan yang lebih komprehensif mengenai makna gerontologi (Lanjut usia) yang terdapat dalam Al-Quran. Sebagaimana manusia yang arif dan bijaksana tentunya kita tidak boleh lalai dengan urusan duniawi semata, terlebih bagi mereka yang sudah masuk fase lanjut usia, karena banyak yang harus kita siapkan baik secara zhohir maupun batin. Di dalam surah yasin ayat 68 bahwa “siapa yang dipanjangkan umurnya sampai usia lanjut akan dikembalikan menjadi lemah seperti keadaan semula”. Keadaan itu ditandai dengan rambut yang mulai memutih, penglihatan mulai kabur, pendengaran sayup sayup sampai, gigi mulai berguguran, kulit mulai keriput, langkahpun telah gontai. Ini adalah sunnatullah yang tidak bisa ditolak oleh siapapun.Sumber data primer dari penelitian ini didapatkan dari, Kitab Tafsir AlAzhar dan Kitab Tafsir Al-Misbah. Sedangkan data sekunder berasal dari buku buku, artikel ilmiah, dan berbagai karya ilmiah lainnya. Data tersebut difiltrasi dan dijelaskan kedalam suatu paragraf sehingga bisa ditarik kesimpulan akhir.Adapun kesimpulan dari kajian ini adalah dimana di dalam Al-Quran Term Al-Kibar mempunyai makna orang tua yang sudah berkurang kekuatan atau bentuk fisiknya seperti kulitnya keriput, rambutnya beruban, kurangnya jumlah gigi, dan lain sebagainya. Kemudian solusi yang ditawarkan al-Qur‟an untuk mengatasi segala permasalahan yang dihadapi oleh para usia lanjut adalah sebagaimana yang tersirat dalam Q.S. Al-Hijr [15] ayat 54 agar setiap orang yang telah menginjak usia lansia, hendaklah tetap semangat dalam menjalani hidup, dan jangan mudah putus asa. Adapun dalam hal anjuran untuk senantiasa memperhatikan para lansia dianjurkan melalui perintah pada Q.S. Isra‟ ayat 23. Kata Kunci: Gerontologi, Al-Adabi Wal-Ijtima’i,Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfrizal Nur2008018001afrizalnur12345@yahoo.com
Thesis advisorEdi Hermanto2018078601edi.hermanto@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:43
Last Modified: 16 Jul 2024 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81766

Actions (login required)

View Item View Item