Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DINAMIKA KOMUNIKASI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) SUMBER REZEKI DALAM MENDUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN DI DESA BUNGARAYA KAB. SIAK

ANIS MULYASARA, - (2024) DINAMIKA KOMUNIKASI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) SUMBER REZEKI DALAM MENDUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN DI DESA BUNGARAYA KAB. SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Anis Mulyasara Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Dinamika Komunikasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Rezeki Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan di Desa Bungaraya kab. Siak. Kecamatan bungaraya merupakan salah satu daerah penghasil padi terbesar di Provinsi Riau. Namun pada tahun 2023 mengalami penurunan dari total target 45.463 ton berkurang menjadi 26.064 ton. Sehingga tentunya perlu didukung oleh program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Gapoktan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dinamika komunikasi yang terjadi di dalam Gapoktan Sumber Rezeki dalam mendukung program Ketahanan Pangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan total informan berjumlah 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika komunikasi dalam Gapoktan terbagi secara Komunikasi Vertikal dan Komunikasi Horizontal. Komunikasi Vertikal terjadi secara Formal melalui kegiatan rapat pertemuan untuk membahas mengenai program ketahanan pangan. Komunikasi Horizontal terjadi secara Formal melalui kegiatan pertemuan baik itu di kantor ataupun di lapangan. Kemudian untuk komunikasi non formal terjadi ketika anggota berbincang santai di sawah/lapangan. Secara keseluruhan, komunikasi formal dan non formal memiliki peran penting di Gapoktan Sumber Rezeki dalam menjalin hubungan antar anggota ataupun antar gapoktan dengan PPL dalam mendukung Program Ketahanan Pangan. Sehingga dapat diketahui bahwa proses komunikasi yang terjadi mendukung program ketahanan pangan. Kata Kunci: Dinamika Komunikasi, Gapoktan, Ketahanan Pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTiti Antin2001037001titi.antin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:47
Last Modified: 16 Jul 2024 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81758

Actions (login required)

View Item View Item