Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMILIHAN SUPPLIER TEPUNG SEBAGAI BAHAN UTAMA KERUPUK BAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIVE STRUCTURAL MODELLING DAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE

ADLI GHALLIB, - (2024) PEMILIHAN SUPPLIER TEPUNG SEBAGAI BAHAN UTAMA KERUPUK BAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIVE STRUCTURAL MODELLING DAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
Bab 4 dan 5 Adli Ghallib.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Laporan Lengkap kecuali bab 4 dan 5.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bahan baku menjadi hal yang sangat penting karena bahan baku menjadi suatu hal yang akan menentukan apakah produk yang dihasilkan baik dan sesuai dengan keinginan konsumen atau tidak sehingga perlu diperhatikan penyedia dari bahan baku yaitu pemasok bahan baku. Tujuan dari penellitian ini adalah untuk dapat mengetahui supplier yang terbaik dengan disandarkan pada kriteria-kriteria yang menjadi kriteria kunci. Pada penelitian ini digunakan metode Interpretive Structural Modeling (ISM) dan Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Metode ISM berguna untuk memilah kriteriakriteria yang digunakan sehingga diperoleh hanya berupa kriteria kunci sedangkan metode SMART berguna untuk menentukan supplier yang terbaik berdasarkan kriteriakriteria kunci yang ada. Hasil penelitian ini adalah didapatkan 9 kriteria kunci dari 12 kriteria yang digunakan yaitu kriteria kualitas, pengiriman barang, harga barang, sistem komunikasi, kontrol dalam pengoperasian, perbaikan pelayanan, sikap, kemampuan pengemasan dan lokasi geografis. Supplier yang memiliki kriteria tertinggi berdasarkan kriteria kunci yang digunakan adalah supplier Sinar Terang dengan skor 0,5895 dan disusul oleh Cece (0,555), Av (0,55), Aroma (0,5305), Harapan (0,5155), dan terakhir adalah Laris (0,4005). Kata Kunci : Metode ISM, Metode SMART, Pemilihan Supplier, Supply Chain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRIANI SURYYA LUBIS, -2022129002fitriani.surayya.l@uin-suska.ac.id
Thesis advisorANWARDI, -1027108202anwardi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:37
Last Modified: 16 Jul 2024 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81757

Actions (login required)

View Item View Item