Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

ALDA SANSABELA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah design factorial eksperiment. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 2 Kampar, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh kelas XI MIA.1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yaitu soal tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi, angket minat belajar dan dokumen penting. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dan minat belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Maka model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat digunakan untuk mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci : Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDepriwana Rahmi,, -2006038101depriwana.rahmi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:14
Last Modified: 16 Jul 2024 02:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81733

Actions (login required)

View Item View Item