Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI RIYA’ DALAM BENTUK FLEXING IBADAH DI MEDIA SOSIAL UNTUK PENCITRAAN (STUDI TAFSIR TEMATIK)

NUR HAFIFAH HASIBUAN, - (2024) KONTEKSTUALISASI RIYA’ DALAM BENTUK FLEXING IBADAH DI MEDIA SOSIAL UNTUK PENCITRAAN (STUDI TAFSIR TEMATIK). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Kontekstualisasi Riya’ Dalam Bentuk Flexing Ibadah Di Media Sosial Untuk Pencitraan (Studi Tafsir Tematik). Dilatar belakangi karena maraknya di zaman sekarang orang yang memposting kegiatan ibadahnya secara berlebihan di media sosial. Hal tersebut secara tidak langsung bisa menyebabnya adanya unsur riya’. Sehingga menjadi hal yang bagus untuk diteliti. Terdapat dua permasalahan pada penelitian ini, yaitu bagaimana riya’ dalam bentuk flexing ibadah di media sosial bisa mempengaruhi makna dan tujuan dari ibadah, dan bagaimana dampak dari kontekstualisasi riya’ dalam bentuk flexing ibadah. Tujuan kajian ini yaitu untuk mendeskripsikan kontekstualisasi riya’ dalam bentuk flexing ibadah di media sosial diri bisa mempengaruhi makna dan tujuan dari ibadah, dan untuk mendeskripsikan bagaimana dampak dari kontekstualisasi riya’ dalam bentuk flexing ibadah. Penulis menggunakan jenis penelitian library research dengan metode kualitatif. Data primer penelitian ini adalah al-Qur’an dan kitab tafsir, sedangkan data sekundernya di dapatkan dari buku-buku, skripsi, maupun jurnal yang berkaitan dengan tema yang di bahas. Hasil penelitian Melaksanakan ibadah di dasari niat untuk riya’ tentu akan mempengaruhi tujuan dan keikhlasan dalam beribadah. Ketika seseorang menunjukkan ibadahnya secara berlebihan di media sosial akan dapat mengindikasikan bahwa motivasi utamanya untuk mendapatkan pujian atau pengakuan dari orang lain karena semakin banyaknya orang memuji dengan berkomentar di postingan media sosialnya ini bisa mengubah niat yang di awal niat ibadah karena mengharap ridha Allah SWT lama kelamaan akan terlena dan bisa berubah niat untuk mendapatkan pujian serta popularitas. Jika di lihat dari sisi positif akan mempengaruhi penonton untuk termotivasi dan menjadikannya acuan untuk berlomba-lomba semangat dalam melakukan ibadah. Dan bila di lihat dari segi negatifnya bisa menyebabkan amalan yang sia-sia karena adanya niat riya’. Kata Kunci: Riya’, Ibadah, Flexing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfrizal Nur, -2008018001Afrizal.nur@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAgus Firdaus Chandra, -2129088503agus.firdaus.chandra@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:16
Last Modified: 15 Jul 2024 05:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81729

Actions (login required)

View Item View Item