Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN OBAT-OBATAN DAN ALAT KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI APOTEK RSUD SELASIH

Ibnu Haliq Kurniawan, - (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN OBAT-OBATAN DAN ALAT KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI APOTEK RSUD SELASIH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir - Haliq.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Laporan Tugas Akhir - Haliq - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana implementasi algoritma apriori pada data penjualan obat-obatan dan alat kesehatan pasien rawat inap di Apotek RSUD Selasih. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data transakti obat-obatan dan alat kesehatan pasiesn rawat inap di Apotek RSUD Selasih pada bulan Oktober, November, dan Desember 2022. Atribut yang digunakan adalah tanggal transasi, nama obat dan nomor rekam medis. Hasil penelitian menyatakan bahwa Implementasi Algoritma Apriori: Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Apriori dapat diimplementasikan dengan sukses untuk menganalisis data penjualan obat RSUD Selasih pada pasien Rawat Inap. Algoritma ini digunakan untuk menemukan pola asosiasi yang membantu dalam meramalkan produk yang harus di-stok dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Implementasi algoritma apriori pada data penjualan obat dan alat kesehatan bulan Oktober, November, dan Desember 2022 di apotek RSUD Selasih berhasil dilakukan dan menghasilkan 6 aturan kombinasi 2 item set asosiasi yang memenuhi syarat minimum support 10% dan confidence 30%.. Hasil lift ratio menunjukan bahwa seluruh kombinan memiliki nilai di atas 1 (>1), Jika nilai lift ratio > 1 maka kombinasi yang dihasilkan dari algoritma apriori terhadap pengelolaan obat di Apotek RSUD Selasih dengan tingkat kevalidan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorELIN HAERANI, -2023058101elin.haerani@uin-suska.ac.id
Thesis advisorLOLA OKTAVIA, -2004108901lola.oktavia@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:42
Last Modified: 15 Jul 2024 08:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81718

Actions (login required)

View Item View Item