Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK TRADISI MEMBACA AL-QUR‟AN SURAH AL-WAQI‟AH DAN AL-MULK TERHADAP SANTRI PON-TREN NI‟MATULLAH DESA KASIKAN KAB KAMPAR (Studi Living Qur‟an)

RIKA FRIZKY LIA, - (2024) DAMPAK TRADISI MEMBACA AL-QUR‟AN SURAH AL-WAQI‟AH DAN AL-MULK TERHADAP SANTRI PON-TREN NI‟MATULLAH DESA KASIKAN KAB KAMPAR (Studi Living Qur‟an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RIKA FRIZKY LIA (2024) : DAMPAK TRADISI MEMBACA AL-QUR‟AN SURAH AL-WAQI‟AH DAN AL-MULK TERHADAP SANTRI PON-TREN NI‟MATULLAH DESA KASIKAN KAB KAMPAR (Studi Living Qur‟an) Dampak sederhananya diartikan sebagai pengaruh atau akibat. Dalam setiap keputusan yang di ambil setiap orang biasanya mempunyai dampak sendiri, baik positif maupun negatif. Tradisi dapat diartikan sebagai kebiasaan, adat istiadat, maupun simbol yang berarti sebuah kebiasaan yang diteruskan dari masa lalu hingga masa yang akan datang. Membaca Al-Qur‘an bukan saja menjadi amal dan ibadah tetapi juga menjadi obat dan penawar banyak orang yang sedang gelisah jiwanya. Surah Al-Waqi‘ah menjelaskan mengenai berita kejadian di hari kiamat. Surah Al-Waqi‘ah mempunyai kandungan serta fadhilah bagi yang membacanya. Kemudian surah Al-Mulk menjelaskan hukuman bagi orang-orang yang mendustakan hari kebangkitan selain itu, Surah Al-Mulk yaitu yang dapat menjaga dan menyelamatkan seseorang dari siksa kubur bagi pembacanya dengan penuh ke-khusyu‘an dan ke-tawadhu‘an. Dari latar belakang Tersebut terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pelaksanaan membaca surah Al-Waqi‘ah dan surah Al-Mulk di Pondok Pesantren Ni‘matullah Desa Kasikan Kabupaten Kampar serta bagaimana pemahaman santri tentang manfaat pembacaan surah tersebut. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research) kajian living qur‟an, yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang diambil dari penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alur yang digunakan dalam menganalisis data dengan mereduksi proses rangkuman melalui rekaman dari narasumber lalu dirangkum dan disusun dalam bentuk refleksi. Hasil dari penelitian ini pertama, proses pelaksanaan dengan membacanya secara berjama‘ah dan di pimpin oleh satu orang dengan di murottalkan waktu membaca surah Al-Waqi‘ah setelah menghafal pagi ba‘da subuh sebelum melaksanakan sholah Dhuha dan surah Al-Mulk setelah belajar wajib malam sebelum tidur kemudian tempat pelaksanaannya di Masjid untuk santri putra dan di musholah untuk santri putri. Kedua, pemahaman santri bahwa surah Al-Waqiah untuk memperlancarkan rezeki dan mempermudah segala urusan sementara untuk AlMulk sebagai perlindungan dari azab qubur serta dijauhkan dari mimpi buruk. Kata Kunci: Tradisi, Membaca Al-Qur‟an, Al-Waqi‟ah, Al-Mulk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFikri Mahmud, -2001016802Fikri Mahmud @uin-suska.ac.id
Thesis advisorWilaela, -2002086801Wilaela@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:27
Last Modified: 15 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81697

Actions (login required)

View Item View Item