Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERIAN PUPUK KOMPOS LIMBAH SAGU DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L. Moench)

IRVAN EKA WIJAYA, - (2024) PEMBERIAN PUPUK KOMPOS LIMBAH SAGU DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L. Moench). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

PEMBERIAN PUPUK KOMPOS LIMBAH SAGU DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L. Moench) Irvan Eka Wijaya (11980212478) Di bawah bimbingan Bakhendri Solfan dan Oksana INTISARI Pemanfaatan limbah sagu sebagai kompos merupakan teknologi yang mendukung pertanian berkelanjutan di Riau. Pemberdayaan limbah sagu yang memiliki potensi perlu ditingkatkan melalui berbagai pendekatan salah satunya dengan melakukan percobaan dan aplikasi langsung kelapangan. Limbah sagu sebagai sumber bahan organik dan nutrisi tanaman dapat meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman serta untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia sintetik dalam budi daya tanaman dan dalam hal ini adalah tanaman okra. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dosis terbaik pupuk kompos limbah sagu terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman okra. Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang ini dilaksanakan pada bulan Juni – September 2023. Penelitian dengan percobaan disusun dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) . Terdapat 5 perlakuan dosis kompos yaitu tanpa kompos (kontrol), kompos ampas sagu 0,5 kg/plot, kompos ampas sagu 1 kg/plot, kompos ampas sagu 1,5 kg/plot, kompos ampas sagu 2 kg/plot. Setiap perlakuan diulang 6 kali. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, jumlah buah, panjang buah, bobot buah, Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dosis kompos limbah sagu 2 kg/plot menghasilkan pertumbuhan dan produksi okra, namun belum mampu melebihi hasil dari pupuk NPK sintetik. Kata kunci : limbah ampas sagu, okra, pemupukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBakhendri solfan,, -2001017403Bakhrahu@gmail.com
Thesis advisorOksana,, -2016047604Oksana_ry@yahoo.co.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:32
Last Modified: 12 Jul 2024 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81693

Actions (login required)

View Item View Item