Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT

VINA DEA RISDIANA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VINA DEA RISDIANA.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vina Dea Risdiana, (2024): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Concept Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran CTL dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self-concept kategori tinggi, sedang, dan rendah, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan self-concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 40 Pekanbaru. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: tidak terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran CTL dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self-concept tinggi, sedang, dan rendah, serta tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran CTL dan self-concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Concept.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDEPRIWANA RAHMI, -2006038101-
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:16
Last Modified: 15 Jul 2024 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81690

Actions (login required)

View Item View Item