Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

ARMAYADHA SIHOMBING, - (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRISPI ARMAYADHA SIHOMBING.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Armayadha Sihombing (2024): Pengaruh Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemodelan Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 06 Mandau pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemodelan matematika, website tes gaya belajar Aku Pintar, dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Tidak terdapat pengaruh kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran RME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran RME dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemodelan matematika siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran RME tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya belajar siswa di SMP Negeri 06 Mandau. Kata kunci: Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Kemampuan Pemodelan Matematika, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGRANITA, -20180572042018057204
Subjects: 300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:37
Last Modified: 15 Jul 2024 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81688

Actions (login required)

View Item View Item