Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMPN 40 PEKANBARU

SUSILOWATI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMPN 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada hasil observasi mengenai rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Factorial Eksperimental. Teknik sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket self confidence, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran AIR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat perbedaan antara model pembelajaran AIR dengan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran AIR berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self confidence siswa SMPN 40 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrma Fitri, -2029055701irma.fitri@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:06
Last Modified: 15 Jul 2024 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81686

Actions (login required)

View Item View Item