Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN ZAKAT PERDAGANGAN DI KALANGAN AGEN SAWIT DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak)

MUHAMMAD ARIFIN, - (2024) PELAKSANAAN ZAKAT PERDAGANGAN DI KALANGAN AGEN SAWIT DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ARIFIN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Arifin (2024): Pelaksanaan Zakat Perdagangan Di Kalangan Agen Sawit Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Maredan Kecamatan Tualang Siak) Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh Agen Sawit Desa Maredan Tidak mengetahui kadar dan cara pembayaran zakat perdagangan sawit. Permasalahan dalam penelitian ini iyalah bagaimana pelaksanaan zakat perdagangan hasil sawit di desa maredan, dan bagaimana Pelaksaan zakat perdagangan dikalangan agen sawit ditinjau menurut hukum islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat perdagangan hasil sawit di desa maredan di tinjau menurut hukum islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) yang dilakukan di di desa maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan data primer yaitu melalui wawancara langsung terhadap pihak yang bersangkutan, data sekunder berupa buku, karya ilmiah, dokumen yang berkaitan berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Metode analisis data berupa metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan zakat perdagangan Agen sawit di Desa Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak jika kita lihat dari hasil penelitian masih banyak agen sawit yang belum megetahui cara perhitungan kadar nisab dan haul zakat perdagangan di kalangan agen sawit. Ada juga sebagian agen sawit yang cuman megetahui kadar nya saja akan tetapi mereka tidak mengetahui nisab dan haul nya. Cara pengumpulan zakat yang di lakukan agen sawit di Desa Maredan ialah dengan cara yang berbeda-beda, Ada yang melakukan dengan cara memberikan zakat nya dalam setiap kali pengantaran ke pt,ada yang melakukan tiap minggu,bulan dan ada juga yang melakukan tiap tahun. Adapun cara pendistribusian zakat perdagangan yang dilakukan agen sawit di Desa Maredan ialah dengan cara meberikan zakat kepada orang yang mebutuhkan, Meberikan ke masjid, dan memberikan THR kepada karyawannya. Menurut tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan zakat perdagangan dikalangan agen sawit itu belum sesuai dengan hukum islam dikarenakan masih banyak agen sawit yang belum mengerit cara perhitungan kadar,nisab dan haul zakat perdagangan. Kata Kunci : Hukum Islam, Pelaksanaan Zakat Perdagangan, Agen Sawit, Desa Maresan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUTASIR, -2008058501mutasir@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMARZUKI, -2009057101,marzuki@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:44
Last Modified: 15 Jul 2024 06:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81672

Actions (login required)

View Item View Item