Nazhifatunnisa, -
(2024)
Analisis Kepuasan Dan Niat Berperilaku Pengguna
Aplikasi Access By KAI Menggunakan Metode EUCS dan
UTAUT 2.
Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika (JIPI), 10 (01).
pp. 110-118.
ISSN ISSN : 2540-8984
Abstract
Aplikasi ticketing diluncurkan sebagai inovasi baru dan ditujukan untuk
memangkas proses tiket manual. Dalam peningkatan jumlah penumpang
setiap tahunnya, penggunaan aplikasi masih rendah, beberapa ulasan
negatif dan kendala dari proses pembayaran kerap dikeluhkan pengguna.
Dari permasalahan yang muncul dapat mempengaruhi tingkat kepuasan
pengguna yang juga berpengaruh kepada niat berperilaku. Tujuan
penelitian ini yaitu mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi kepuasan dan niat berperilaku pengguna dalam
menggunakan aplikasi Access by KAI, serta apakah kepuasan pengguna
berpengaruh dalam niat berperilaku. Dalam mencapai tujuan penelitian
penggabungan dua metode digunakan dalam penelitian ini yaitu End User
Computing Satisfaction (EUCS) dan Unified Theory of Acceptance and
Use Technology (UTAUT 2). Data dikumpulkan melalui google form.
Sebanyak 125 responden dan diolah sebanyak 96 berdasarkan rumus
lemeshow dalam menentukan jumlah minimum sampel, kemudian diana-
lisis lebih lanjut menggunakan SMARTPLS 4.0.9.6 dengan metode PLS-
SEM. Hasil menunjukkan User Satisfaction berpengaruh signifikan
kepada Behavioral Intention dengan pengaruh rendah. Kepuasan
pengguna yang dipengaruhi oleh Content, Accuracy, Format, dan Time-
liness telah membawa niat berperilaku seseorang untuk menggunakan ap-
likasi Access by KAI dalam pemesanan tiket dan informasi perjalanan
secara terus-menerus. Niat berperilaku diukur dan dipengaruhi oleh Fa-
cilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit.
Actions (login required)
|
View Item |