Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS QUR’ANI UNTUK MEWUJUDKAN MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGUL DI PONDOK PESANTREN AULIA CENDEKIA KOTA PEKANBARU

DIARA RIZKI PRAYITNO, - (2024) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS QUR’ANI UNTUK MEWUJUDKAN MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGUL DI PONDOK PESANTREN AULIA CENDEKIA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Diara Rizki Prayitno (2024): Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Qur’ani Untuk Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Unggul Di Pondok Pesantren Aulia Cendekia Kota Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis Qur’ani untuk mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Unggul di Ponpes Aulia Cendekia Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi perencanaan, implementasi, dan hasil akhir dari pengembangan Sumber Daya Manusia di MI Ponpes Aulia Cendekia Kota Pekanbaru. Teknik dan instrument pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan kepala madrasah, tenaga pendidik, serta tenaga kependidikan lainnya. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga dimensi utama dalam pengembangan SDM berbasis Qur’ani di MI Ponpes Aulia Cendekia Kota Pekanbaru. Pertama, perencanaan pengembangan SDM dilakukan melalui tiga jalur, yaitu perencanaan mingguan, semesteran, tahunan, dan perencanaan lebih spesifik seperti proses rekrutmen guru, pilihan metode ajar yaitu metode tilawati dan Al miftah, dengan tujuan meningkatkan efektivitas pendidikan yang ada. Kedua, langkah-langkah implementasi yang dilakukan salahsatunya mengadakan diklat untuk pendidik yang mana pelatihnya dihadirkan langsung dari Pulau Jawa. Selain itu juga melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain untuk memperkuat nilainilai Qur’ani serta memenuhi kebutuhan sekolah. Guru menjadi contoh dalam berprestasi. Selain itu sekolah juga memberikan dukungan dan dispensasi bagi tenaga pendidik maupun kependidikan yang ingin melanjutkan pendidikannya. Ketiga, analisis hasil pengembangan menunjukkan peningkatan aspek spiritual, potensi pendidik, kinerja, serta dedikasi dan loyalitas tinggi dari SDM berbasis Qur’ani, yang secara keseluruhan berkontribusi pada realisasi visi mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Unggul. Selain itu, juga ditemukan adanya keseimbangan pengetahuan agama dan umum dalam lingkup sekolah yang klasik kombinasi modern. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang pentingnya pengelolaan SDM yang berbasis Qur’ani dalam mencapai kualitas pendidikan yang unggul di lingkungan sekolah Islam. Implikasi praktis dan teoretis dari temuan ini juga dibahas dalam penelitian, serta rekomendasi untuk penelitian dan praktik lanjutan dalam pengembangan pendidikan berbasis Qur’ani. Kata Kunci: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Berbasis Qur’ani, Madrasah Ibtidaiyah Unggul, Ponpes Aulia Cendekia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURHASNAWATI,, -2006026801nurhasnawati@uin-suska.ac.id
Thesis advisorNURHASANAH BAKHTIAR, -2014057301nurhasanah.bakhtiar@uin.suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:00
Last Modified: 15 Jul 2024 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81666

Actions (login required)

View Item View Item