Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

NABILA NURHAYATI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NABILA NURHAYATI.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

ABSTRAK Nabila Nurhayati, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitin ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CTL dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran CTL dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahman konsep matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa SMP. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIFTAHIR RIZQA2026057801miftahir@gmail.com
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:10
Last Modified: 15 Jul 2024 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81652

Actions (login required)

View Item View Item